Sabtu, 21 Juni 2014

Manusia dan Kebudayaan



IBD
Manusia dan Kebudayaan

1.      Pengertian
-          Manusia
Manusia secara bahasa berasal dari kata “manu” (sansekerta), “mens”(latin), yang berarti berfikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi. Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok(genus) atau seorang individu.

-          Kebudayaan
Budaya adalah salah satu cara hidup yang berkembang dan dimilki bersama oleh sebuah kelompok orang dan warisan dari generasi – ke generasi.
2.       Opini
-          Kaitannya manusia dengan kebudayaan
Yang kita ketahui manusia sangat erat kaitannya dengan kebudayaan, ibaratnya seperti manusia itu sendiri yang menggunakan kebudayaan tersebut. Misalnya kebudayaan manusia dengan lingkungan yaitu bagaimana manusia itu menjaga melestarikan lingkungannya dari sampah. Masih banyak kurangnya kesadaran seseorang dalam membuang sampah, seperti bungkus makanan, bungkus minuman es yang dibuang ke selokan/ saluran air maka akan mengakibatkan saluran air tersumbat. Kebiasaan orang yang membuang sampah sembarangan harus diberi pembinaan pentingnya menjaga melestarikan kebudyaan lingkungan disekitar kita. Jadi harus diberi pembinaan sejak usia dini dalam pentingnya menjaga melesarikan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar