Sabtu, 21 Juni 2014

Manusia dan Kegelisahan



IBD
Manusia dan Kegelisahan
1.      Pengertian
-          Manusia
Manusia secara bahasa berasal dari kata “manu” (sansekerta), “mens”(latin), yang berarti berfikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi. Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok(genus) atau seorang individu.
-          Kegelisahan
Kegelisahan berasal dari kata gelisah , yang berarti tidak tentram hatinya , selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Tidak lain dari semua itu adalah reaksi natural psikologis dan phisiologis akibat ketegangan saraf dan kondisi-kondisi kritis atau tidak menyenangkan. Pada masing-masing orang terdapat reaksi yang berbeda dengan yang lain, tergantung faktor-faktornya, dan itu wajar. Adapun bahwa manusia selalu merasa gelisah hingga membuatnya mengeluarkan keringat dingin, jantungnya berdetak sangat kencang, tekanan darahnya naik pada kondisi. Serta dapat juga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahanhanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakansalah satu ekspresi kecemasan. Karena itu dalam pengertian sehari-hari kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan. Masalh kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.
2.      Opini
Keterkaitan manusia dengan kegelisahan adalah suatu sikap dimana seseorang mengalami keadaan tertekan, khawatir dengan keadaan disekitar yang sedang terjadi. Misal, orang tua yang sedang menunggu anaknya yang pulang sekolah sampai larut malam atau tidak pada waktunya. Hal ini mengakibatkan kegelisahan pada orang tersebut. Dan juga kegelisahan bisa terjadi karena adanya bencana alam, tanah longsor, banjir dsb . dalam hal ini manusia tidak akan pernah terlepas dari rasa kegelisahan, karena pada hakikatnya rasa kegelisahan ini ada pada diri manusia masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar